Apycom jQuery Menus
 


 

 

 

PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN PADA PT. BANK X KANTOR PUSAT BANDUNG
Agu 2016
Penulis : Yesica Wawoh; Silva Ayu Utari
Karya Ilmiah : Jurnal Ilmiah
Penerbit : Insearch, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Tahun Terbit : 2016
Volume : 15
ISSN : 2085-7993
Halaman :
Kata Kunci : Audit, Pencegahan Kecurangan
Abstrak :

Audit internal adalah suatu fungsi penilaian yang ada di dalam suatu organisasi untuk menguji dan mengevaluasi kegiatan organisasi yang dilaksanakan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh audit internal terhadap pencegahan kecurangan (Fraud) di PT. Bank X Kantor Pusat Bandung.

Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah audit internal (variabel independen) dan pencegahan kecurangan (variabel dependen). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah analisis deskriptif. Untuk keperluan penelitian ini disebarkan kuesioner kepada 30 orang responden di bagian operasional dan marketing PT. Bank X Kantor Pusat Bandung.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan audit internal dan pelaksanaan pencegahan kecurangan di PT. Bank X sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari nilai total persentase yang diperoleh yaitu sebesar 90,75% dan nilai mean skor sebesar 4,54 (berada diantara 4,2 – 5) sedangkan untuk pelaksanaan pencegahan kecurangan nilai total persentase yang diperoleh yaitu sebesar 91,60% dan nilai mean skor sebesar 4,57 (berada diantara 4,2 – 5). Berdasarkan hasil uji t, diperoleh nilai signifikansi audit internal yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu dapat dilihat juga dari hasil perbandingan antara t hitung dan t tabel (0,05 ; dk=28) yang menunjukan nilai t hitung sebesar 16,135 , sedangkan t tabel sebesar 2,048. Dari hasil tersebut terlihat bahwa t hitung > t tabel yaitu 16,135 > 2,048 , maka dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak atau Ha diterima, artinya secara parsial audit internal berpengaruh terhadap pencegahan kecurangan. Berdasarkan hasil uji korelasi rank spearman diperoleh nilai rs sebesar 0,926. Karena nilai rs berada diantara 0,80 – 1,000 maka audit internal di PT. Bank X dapat dikatakan memiliki pengaruh yang sangat kuat dan searah terhadap pencegahan kecurangan. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi menunjukan bahwa nilai R² sebesar 0,903 yang berarti bahwa pencegahan kecurangan yang dapat dijelaskan oleh audit internal dalam penelitian ini sebesar 90,30%, sedangkan sisanya sebesar 9,70% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian.


Inti Sari :
     
     
Powered by Shinzo Technologies and Sidik Hanrei