Apycom jQuery Menus
 


 

 

 

PERANCANGAN DESAIN USER EXPERIENCE (UX) DAN USER INTERFACE (UI) APLIKASI ‘RUANG ANAK’
19
09 2017
Penulis : Nichi Hana Karlina; Annisa Ayuratnasari
Karya Ilmiah : Prosiding
Penerbit : Prosiding, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Tahun Terbit : 2017
Volume :
ISSN : 2088-2068
Halaman : 220-228
Kata Kunci : Aplikasi Ruang Anak, User Experience, User Interface
Abstrak :

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya pemahaman para orang tua
mengenai pentingnya manajeman waktu penggunaan smartphone pada anak serta kurangnya
pengawasan dari orang tua ketika anak menggunakan smartphone. Penggunaan smartphone
dengan waktu yang relatif sering dapat menimbulkan berbagai dampak negatif pada anak, baik secara fisik maupun secara mental, hal tersebut masih kurang disadari oleh para orang tua. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan edukasi sekaligus membantu orang tua dalam mengawasi dan mengatur penggunaan smartphone pada anak.
Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data
menggrunakan metode wawanvara, observasi dan literature. Kemudian dilakukan analisis data, deskripsi kebutuhan sistem dan pembuatan diagram alir data. Tahap selanjutnya perancangan desain User Experience dan User interface aplikasi ‘Ruang Anak’. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan aplikasi ‘Ruang Anak’ yang didalamnya terdapat fitur-fitur yang harus memiliki fungsi informatif, manajemen waktu dan pengawasan. Dengan memberikan informasi, pengaturan waktu dalam penggunaan smartphone dan mengontrol aplikasi apa saja yang dapat dimainkan oleh anak, orang tua telah berperan serta dalam mengawasi anak dalam penggunaan smartphone. 

 


Inti Sari :

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan aplikasi ‘Ruang Anak’ yang didalamnya terdapat fitur-fitur yang harus memiliki fungsi informatif, manajemen waktu dan pengawasan. Dengan memberikan informasi, pengaturan waktu dalam penggunaan smartphone dan mengontrol aplikasi apa saja yang dapat dimainkan oleh anak, orang tua telah berperan serta dalam mengawasi anak dalam penggunaan smartphone. 

     
     
Powered by Shinzo Technologies and Sidik Hanrei