Apycom jQuery Menus
 


 

 

 

PENGARUH JUMLAH WISATAWAN, JUMLAH HOTEL, TERHADAP PENERIMAAN PAJAK HOTEL
19
09 2017
Penulis :
Karya Ilmiah : Prosiding
Penerbit : Prosiding, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Tahun Terbit : 2017
Volume :
ISSN : 2088-2068
Halaman : 181-190
Kata Kunci : Teknologi, Internet, Server
Abstrak :

Kebijakan Pemerintah menerapkan otonomi daerah mulai 1 Januari 2001 sebagai salah
satu cara untuk meningkatkan pembangunan ekonomi regional menyebabkan tuntutan
kemandirian masing-masing daerah untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Pendapatan tersebut digunakan untuk memenuhi segala macam kebutuhan yang ada di daerah. Maka dari itu, daerah yang ada dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berusaha dengan maksimal menggali potensi yang ada di daerahnya demi tercapainya tujuan tersebut. Kota Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata di Indonesia berusaha
memaksimalkan PAD melalui peningkatan pajak daerah, secara khusus dalam penelitian ini
penulis mengamati mengenai pajak hotel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh jumlah wisatawan, jumlah hotel, terhadap penerimaan pajak hotel di Kota Bandung
selama delapan tahun, dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2012. Dengan menggunakan data sekunder dan analisis regresi berganda diperoleh hasil bahwa jumlah wisatawan berpengaruh namun tidak signifikan terhadap penerimaan pajak hotel dengan persentase sebesar 1,91%, jumlah hotel berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak hotel dengan persentase 97,9%, dan secara simultan keduanya berpengaruh dan memiliki hubungan yang kuat terhadap penerimaan pajak hotel Kota Bandung dengan persentase 99,8%.

 


Inti Sari :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah wisatawan, jumlah hotel, terhadap penerimaan pajak hotel di Kota Bandung selama delapan tahun, dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2012. Dengan menggunakan data sekunder dan analisis regresi berganda diperoleh hasil bahwa jumlah wisatawan berpengaruh namun tidak signifikan terhadap penerimaan pajak hotel dengan persentase sebesar 1,91%, jumlah hotel berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak hotel dengan persentase 97,9%, dan secara simultan keduanya berpengaruh dan memiliki hubungan yang kuat terhadap penerimaan pajak hotel Kota Bandung dengan persentase 99,8%.

     
     
Powered by Shinzo Technologies and Sidik Hanrei