Apycom jQuery Menus
 


 

 

 

PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, SERTIFIKAT BANK INDONESIA DAN PENDAPATAN OPERASIONAL LAINNYA TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK PEMERINTAH DI BANK INDONESIA PERIODE 2005 – 2009
23
Feb 2011
Penulis : Fitri Sukmawati, S.E., M.M.; Hanifa Zulhaimi, S.Pd., M.Ak.
Karya Ilmiah :
Penerbit : InSearch, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Tahun Terbit : 2011
Volume : 6
ISSN : ISSN 2085-7993
Halaman : 1
Kata Kunci : Pengaruh Dana, Pendapatan Operasional, Masyarakat
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan dan parsial Dana Pihak Ketiga (DPK), Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Pendapatan Operasional Lainnya (POL) untuk secara simultan dan parsial terhadap BOPO bank pemerintah di Bank Indonesia periode 2005 sampai dengan 2009.

Pada penelitian ini digunakan analisis regresi berganda program SPSS Ver. 15 sebagai alat bantu perhitungan. Pengujian Hipotesis dilakukan uji F dan statistik uji t pada tingkat signifikansi 5%.

Berdasarkan uji F, Dana Pihak Ketiga (DPK), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan Pendapatan Operasional Lainnya (POL) secara bersama-sama berpengaruh terhadap BOPO pada bank-bank pemerintah yang terdapat di Bank Indonesia periode 2005 sampai dengan 2009. Proporsi variasi total yang dapat dijelaskan oleh ketiga variabel bebas tersebut 56,8%.

Berdasarkan Uji-t, terdapat pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) secara signifikan terhadap BOPO, sedangkan variabel Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Pendapatan Operasional Lainnya (POL) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap BOPO pada bank pemerintah

Inti Sari :
     
     
Powered by Shinzo Technologies and Sidik Hanrei