Apycom jQuery Menus
 


 

 

 

PEMBANGUNAN SEKTOR PARIWISATA KAWASAN PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL DI INDONESIA DALAM MENINGKATKAN TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
23
Feb 2011
Penulis : Budi Rustandi Kartawinata, S.E., M.M.
Karya Ilmiah :
Penerbit : InSearch, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Tahun Terbit : 2011
Volume : 6
ISSN : ISSN 2085-7993
Halaman : 1
Kata Kunci : Integrated Coastal Management (ICM), Wilayah Pesisir
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk membahasa mengenai pembangunan sektor praiwisata kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia. Hal ini dilakukan dalama rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia telah diberkahi menjadi sebuah negara kepualauan dengan panjang garis pantai yang terpanjang di dunia. Hal ini merupakan salah satu potensi bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya terutama bagi masyarakat pesisir yang terkenal akan ketidakmampuan secara ekonominya.
Integrated Coastal Management (ICM) atau pengelolaan wilayah pesisir secara terpadu merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan potensi yang dimiliki oleh kawasan pesisir di seluruh Indonesia.
Kata Kunci : Integrated Coastal Management (ICM), Wilayah Pesisir.

Inti Sari : Indonesia merupakan negara kepulauan (archipelagic state) terbesar di dunia. Jumlah pulau mencapai 17.508 buah serta garis pantai sepanjang kurang lebih 81.000 km yang merupakan garis pantai terpanjang yang dimiliki oleh suatu negara di duania setelah Kanada. Secara geografis, Indonesia sebagai negara kepulauan terletak di sekitar garis khatulistiwa antara 94o45’ BT-141o01’BT dan dari 06\'08’LU – 11\'05’LS.

Kondisi Indonesia yang memiliki ribuan pulau dan garis pantai terpanjang di dunia secara langsung memberikan identitas kepada Indonesia sebagai negara yang memiliki wilayah pesisir yang sangat luas. Wilayah pesisir dan lautan Indonesia terkenal dengan kekayaan dan keragaman sumber daya alamnya, baik sumberdaya yang dapat pulih (seperti perikanan, terumbu karang, dan hutan mangrove) maupun sumber daya yang tidak dapat pulih (seperti minyak dan gas bumi serta mineral atau bahan tambang lainnya). Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan kekayaan keanekaragaman hayati (biodiversity) laut terbesar di dunia, karena memiliki ekosistem pesisir seperti hutan mangrove, terumbu karang dan padang lamun (sea grass) yang sangat luas dan beragam.
     
     
Powered by Shinzo Technologies and Sidik Hanrei