Apycom jQuery Menus
 


 

 

 

"Pengaruh Modal Kerja Terhadap Rentabilitas Ekonomi" (Studi Kasus Pada PT Kalbe Farma Tbk Periode Tahun 2006 – 2010)
23
Feb 2012
Penulis : Fitri Sukmawati, S.E., M.M.
Penerbit : InSearch, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Tahun Terbit : 2011
Volume : 5
ISSN : ISSN 2085-7993
Halaman : 1
Kata Kunci : Modal Kerja, Rehabilitas Ekonomi
Abstrak : Kebutuhan modal kerja yang semakin besar sejalan dengan perkembangan perusahaan menunjukan adanya kemajuan usaha yang juga menuntut alokasi pembiayaan yang semakin besar. Disisi lain, tujuan perusahaan untuk mendapatkan profit optimal melalui serangkaian aktivitas usaha dimungkinkan dengan perubahan jumlah dan efisiensi modal kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah modal kerja mempunyai pengaruh terhadap rentabilitas ekonomi perusahaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Operasionalisasi variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu modal kerja bersih, dan variabel terikat yaitu rentabilitas ekonomi. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan PT. Kalbe Farma Tbk periode 2006 -2010 dan data-data lain yang mendukung dari periode tahun yang sama, serta studi kepustakaan.

Regresi linear sederhana digunakan sebagai metode statistik. Pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t dengan tingkat signifikansi sebesar 95% (α=5%). Dari uji statistik yang dilakukan didapatkan hasil analisis regresi linear sederhana yaitu persamaan Y = 0,137 + 2,976 X, yang artinya, setiap perubahan satu satuan modal kerja menyebabkan perubahan tingkat rentabilitas ekonomi sebesar 2,976 kali. Koefisien korelasi menunjukan nilai 0,663, yang mengindikasikan bahwa pengaruh modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi pada kategori sedang. Berdasarkan koefisien determinasi, dapat disimpulkan bahwa kontribusi modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi adalah sebesar 43,96% dan 56,04% dapat dijelaskan faktor-faktor lain selain modal kerja. Dengan uji-t didapatkan hasil nilai t-hitung (2,564) < t-tabel (2,353), maka Ho ditolak. Artinya, terdapat pengaruh positif antara modal kerja (X) terhadap rentabilitas ekonomi (Y) pada PT. Kalbe Farma Tbk selama periode tahun 2006 sampai dengan 2010.

Inti Sari : Tujuan utama dari sebagian besar perusahaan adalah untuk mendapatkan laba. Dengan keuntungan perusahaan akan dapat melangsungkan kehidupan operasional perusahaan, bahkan dapat digunakan untuk ekspansi perluasan usaha. Tetapi mendapatkan laba saja belum cukup untuk mengukur suatu perusahaan telah berjalan dengan baik dan efisien. Efisiensi suatu perusahaan baru dapat diketahui dengan membandingkan laba yang diperoleh dengan modal yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut. Sehingga dengan melihat tingkat efisiensi tersebut perusahaan dapat memaksimalkan laba yang akan didapatkan. Dalam hal ini alat ukur yang biasa digunakan adalah menggunakan rasio keuangan yaitu rentabilitas ekonomi. Dimana pengertian rentabilitas ekonomi adalah perbandingan antara laba usaha dengan modal sendiri dan modal asing yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut dan sering dinyatakan dalam persentase. Rentabilitas ekonomi sering pula dimaksudkan sebagai kemampuan suatu perusahaan dengan seluruh modal yang bekerja didalamnya untuk menghasilkan laba.
     
     
Powered by Shinzo Technologies and Sidik Hanrei