Apycom jQuery Menus
 


 

 

 

PENGARUH KINERJA BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENABUNG ( Suatu Survai Di Bank Central Asia Cabang Soekarno-Hatta Bandung )
23
Feb 2012
Penulis : Dr. Ir. Bob Foster, M.M.
Penerbit : Sosiohumaniora, Universitas Padjadjaran
Tahun Terbit : 2010
Volume : 12
ISSN : ISSN 1411 - 0911
Halaman : 122-137
Kata Kunci : Kinerja Bauran Pemasaran Jasa, Loyalitas Nasabah Penabung
Abstrak : Penelitian ini mengenai pengaruh kinerja bauran pemasaran jasa terhadap loyalitas nasabah penabung yang terdapat di Bank Central Asia cabang Soekarno-Hatta Bandung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) tingkat kepentingan nasabah terhadap bauran pemasaran jasa tabungan dan kinerja bauran pemasaran jasa perbankan pada BCA, 2) tingkat loyalitas nasabah terhadap produk tabungan BCA, 3) sejauh mana kinerja bauran pemasaran jasa bank berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian descriptive survey dan explanatory survey. Data diperoleh melalui kuesioner, wawancara, dan observasi di lapangan. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap loyalitas nasabah.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kinerja bauran pemasaran jasa sangat berpengaruh terhadap loyalitas nasabah penabung, (2) Pengaruh Kinerja bauran pemasaran tradisional sedikit lebih besar dari pengaruh kinerja bauran pemasaran non-tradisional terhadap loyalitas, (3) Pengaruh terbesar dari bauran pemasaran jasa adalah bukti fisik (physical evidence).

Inti Sari : Keinginan membangun customer based dirasakan penting dalam situasi yang semakin kompetitif, ini dampak dari tekanan inflasi maupun tingkat suku bunga yang tinggi. Dalam rangka membangun basis konsumen sektor perbankan terus giat menjaring dana masyarakat dengan menawarkan berbagai pemikat mulai dari pemberian hadiah dalam hitungan milyaran rupiah sampai dengan penawaran kemudahan pengambilannya. Padahal, perbankan nasional, masih belum mampu melakukan ekspansi kredit dalam jumlah yang signifikan.

Situasi bisnis di sektor perbankan saat ini telah berubah dengan sangat cepat. Perkembangan teknologi telah membawa banyak kemajuan dalam upaya pengenalan produk baru dan pengembangan produk baru. Persaingan bisnis datang dari segala penjuru, baik di pasar lokal maupun global. Perusahaan berlombalomba untuk menarik konsumen, dan pada akhirnya konsumen mendapatkan banyak pilihan dan keuntungan dari keadaan tersebut.
     
     
Powered by Shinzo Technologies and Sidik Hanrei