SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN JAGUNG
22
Feb 2012
Penulis : Ucu Nugraha, S.T.
Penerbit : InSearch, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
Tahun Terbit : 2010
Volume : 3
ISSN : ISSN 2085-7993
Halaman : 1
Kata Kunci : Sistem Pakar, Kaidah Produksi, Basis Pengetahuan, Komputer
Abstrak : Program sistem pakar yang dirancang adalah sistem pakar diagnosa penyakit pada tanaman jagung, dimana program aplikasi ini ditujukan untuk masyarakat luas atau bagi mereka yang bercocok tanam jagung, yang kurang paham terhadap jenis penyakit pada tanaman jagung, dan bagaimana cara menanggulanginya.
Sehingga dengan adanya program sistem pakar ini, diharapkan orang yang awam sekalipun akan menjadi paham, dan bagi mereka yang bercocok tanam jagung, tidak harus menemui seorang pakar untuk berkonsultasi mengenai penyakit yang menyerang tanamannya.
Pada program sistem pakar ini, terdapat 14 jenis penyakit dan 29 gejala. Duapuluh sembilan gejala tersebut disusun menjadi 29 pertanyaan (kuesioner) dan 14 jenis penyakit disusun sebagai 14 kesimpulan.
Dalam perancangan program aplikasi ini, representasi pengetahuan yang digunakan adalah struktur pohon dan kaidah produksi. Untuk proses penalarannya menggunakan metode Forward Chaining, yaitu suatu teknik penalaran dari fakta awal hingga menuju kesimpulan.

Inti Sari : Masyarakat di daerah yang mayoritas kehidupannya bertani masih banyak yang belum mengetahui mengenai seluk beluk tanaman yang diberdayakan, sehingga sering banyak terjadinya kegagalan panen yang merupakan kerugian bagi mereka itu sendiri. Dengan adanya kemajuan pengetahuan mengenai tanaman ini diharapkan dapat menanggulangi penyebab kegagalan panen ini.

Penyakit tanaman jagung seringkali mengakibatkan pertumbuhan tanaman jagung terganggu, bahkan dapat menggagalkan terwujudnya produksi yang maksimal. Ada beberapa penyebab yang dapat menimbulkan penyakit tanaman jagung ini yaitu disebabkan oleh bakteri, cendawan atau jamur, virus, nematoda, dan selain itu kekurangan unsur hara pun termasuk pada golongan penyakit. Beberapa penyebab penyakit ini ada yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya, misalnya tanaman yang kekurangan zat hara mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit tanaman mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan. Besar kecilnya pengaruh tersebut tergantung tingkat serangan penyakit terhadap tanaman jagung.
     
     
Powered by Shinzo Technologies and Sidik Hanrei